Promotion via Pokemon GO!


apakah anda sudah menginstal pokemon go dalam smart phone anda?

bila belum maka anda bisa ketinggalan loh dengan deman game terbaru besutan Nintendo ini - saya yakin para penggemar game tidak ada yang tidak mengenal si pokemon ini bukan?

permainan pokemon Go besutan Nintendo yang berbasis teknologi Augemental Reality (AR) dan Global Positioning System (GPS) berhasil menaikkan saham Nintendo sebesar 16 di hari (14/07) dan total sudah 56% selama sepekan mulai game ini diluncurkan . sangat fenomenal bukan! padahal pembuatnya sendiri adalah Niantic yang merupakan bagian dari Nintendo secara keseluruhan perusahaan.


kini game ini sudah dapat di nikmati secara resmi di 26 negara, game yang dapat dimainkan berdasarkan posisi si pemain dan juga dapat berinteraksi dengan pemain lain secara realtime. Game ini memang dapat menyatukan antara situasi nyata si pemain dengan beragam karakter yang ada didalam game tersebut.

Pokemon Go, di balik cerita kontroversialnya - dimana banyak kecelakaan yang terjadi pada para gamernya saat bermain game ini ternyata memang telah menjadi booming sekarang ini dan telah berhasil menyita perhatian masyarakat dunia termasuk indonesia, bukan hanya anak muda dan gamer yang membicarakannya bahkan setingkat gubernur Jakarta Ahok juga memberikan komentarnya, seperti yang dilansir oleh portal berita indoberita http://www.indoberita.com/2016/07/60178/berita-terkini-hari-ini-demam-pokemon-go-ini-dia-komentar-ahok/

...Permainan ini bisa menyemarakkan taman-taman di Jakarta. Kawasan kantor gubernur, yakni Balai Kota Jakarta, dipersilakannya untuk jadi arena bermain Pokemon GO. “Dia bisa taruh banyak posisi di taman-taman, sebetulnya kunjungan taman juga baik. Kalau enggak, Balai Kota juga boleh kita taruh,” kata Ahok.

Bahkan Badan intelijen nasional (BIN) Sutiyoso berkomentar tentang game ini; yang dilansir merdeka.com bang Yos berkomentar bahwa 
Pokemon Go mudaratnya lebih besar daripada manfaatnya. demikian juga mentri kominfo Rudiantara; keselamatan pemain harus mendapatkan prioritas mengingat banyak pemain di Amerika sana yang mengalami kecelakaan, terutama saat berkendara.

saat tulisan ini dibuat menurut apps analytic firm Sensor Tower (25/07), game ini sudah didownload oleh lebih dari 75juta instalasi dari pengguna iOs dan Android base di seluruh dunia.tidak mengherankan karena pada hari kedua peluncuran game ini sudah di instal pada 5.16% gadget berbasis android di USA sana. 

rata-rata pemain pokemon go ini bermain selama 43 menit perhari, dimana frekuensi penggunaan program permainan ini lebiih tinggi dari durasi penggunaan Instagram dan Snapchat. 

Jumlah penggunanya sudah menyamai jumlah total pengguna Twitter saat ini. Fakta statistik angka yang cukup mencengangkan. 
masih dari forbes ternyata penggemar game ini di amerika sana banyak dimainkan oleh wanita loh, dan diusia produktive lagi.

bila dikaitkan dengan 4P marketing yang saya pelajari maka program game ini bisa membuat penerapan P-Promotion ketingkat yang lebih tinggi lagi, dimana logikanya adalah sebagai berikut:

seperti layaknya minimarket yang banyak terdapat di indonesia, mereka biasa menyewakan space di depan toko mereka dengan kisaran harga yang bervariasi untuk tiap m2 nya. minimarket ini memberikan "traffic" kepada para penyewa space ini. Dan penyewaan ini adalah tambahan income pagi pemilik minimarket bila area ini disewakan ke pedagang lain seperti tukang hamburger, martabak dan lainnya yang biasanya berbentuk pedagang gerobak.

Hal yang sama bisa juga dilakukan oleh pokemon go - taruh beberapa monsternya dilokasi toko yang ingin melakukan promosi dan tinggal di charge permonster dengan levelnya dech. Dijamin toko itu  akan diserbu oleh para game. Promosinya yang tepatkan

Makanya monster-monster yang jarang dan bernilai tinggi biasanya berada di areal yang khusus kan, ndak mungkin ada disekitar rumah dech...

bahkan sekarang sudah ada aplikasi yang membantu gamer untuk mengetahui pokestop. Program 3rd party seperti YELP ternyata bisa membantu gamer untuk mendapatkan lokasi 'pokestop' dan bisa mensharingnya juga dengan teman-teman yang lainnya loh

bila Niantic bisa membuat algoritma yang spesifik bisa mengirimkan 'traffic' ke suatu tempat maka besar kemungkinan potential buyer (trafic) yang dikirim ke toko yang bekerja sama dengan niantec akan meningkatan pembelian. 

Coffee Shop misalnya minimal kemungkinan mereka membeli secangkir kopi sambil mencari monster pokemon bisa kejadiankan.

inilah fenomena pemasaran saat ini dimana promosi suatu tempat tidak harus dilakukan secara langsung dan terang-terangan. Branding mungkin agak kecil mendapatkannya, namun kemungkinan terjadinya sales atau penjualan di coffee shop itu akan meningkatkan probabilitas-nyakan. Pada akhirnya promosi ditujukan untuk meningkatkan penjualan kan.

Konsep yang sama dan sudah berhasil dilakukan di Indonesia adalah online shopping, platformnya sudah banyak saat ini dan tingkat persaingannya oun semakin tajam. 

Nah, konsep yang mirip dan sedikit modifiaksi maka banyak titik yang bisa ditawarkan Niantec untuk mengirim 'traffic' calon customer ke tempat usaha kita. trik yang ciamik.

Insight apa lagi kira2 yang bisa kita pelajari dari fenomena pokemon go ini ya?


0 komentar:

Post a Comment