Judul Kontroversial

Pengalaman yang menarik saat saya "jalan-jalan" di blog ini dan melihat beberapa komentar yang dibuat oleh beberapa pengunjung yang sempat mampir dan membaca beberapa tulisan saya di blog ini. Ada yang setuju, mengkonfirmasi apa yang ditulis, bertanya, memberikan input dan pendapatnya, sampai yang membela atau mencoba menjelaskan apa yang saya tulis berdasarkan apa yang diketahui atau difahaminya.

Terima kasih atas semuanya ini karena akan menjadi penyemangat saya untuk terus berbagi denngan semua... :)

NAh, salah satu yang menarik adalah pada saat 2 tulisan saya menjadi artikel yang paling dibaca, sehingga ditempatkan di ranking google dalam urutan pertama dan kedua 

(bukan manual saya yang tempatkan, ini adalah murni hasil logaritma dari blogger.com sebagai tempat saya membuat blog ini). 

sampai dengan 21 Mar 2015, kedua artikel tersebut masih bertengger dengan damainya diurutan pertama dan kedua, hingga ada pengunjung yang mengomentarinya.
anda bisa membaca kedua artkel keduanya di 10 Dosa besar versi YM dan foto bugil clara adelia. saya tuliskan pada waktu yang berbeda dan karena apa yang saya baca dan pikirkan pada saat itu juga. 


Namun, menurut saya yang menarik adalah pemilihan judul ini membuat banyak orang yang ingin mengklik dan membacanya.

 

Analisa simple saya adalah -
artikel pertama karena ada gambar ustadz Yusuf Mansyur yang sedang in dibicarakan di masyarakat dan juga istilahnya sedang naik daun sebagai ustadz muda yang menjadi bayak panutan bagi ummat islam di Indoneisa, Jakarta pada khususnya. DAn saya pun salah satu penikmat buku dan pendengar ceramah yang beliau sampaikan, karena sangat mengena gaya bicaranya dan apa yang disampaikan buat saya.

artikel kedua, ehm... mungkin karena ada kata "foto bugil" dan "mahasiswi binus" - apa yang menarik? jelas 2 kata pertama sudah sangat menarik para penggilanya (hei, ingat apa isi artikel pertama okeh!) yang kedua karena ada kata yang menunjukkan bahwasanya pelaku ada disekitar kita. tapi demi suer isinya mungkin tidak seperti yang anda bayangkan :) bisa dilihat di artikelnya.

saya coba browsing dan dapet input dari web lain, bagaimana cara menulis judul artikel yang menarik dan benar. sebagai referensi berikut adalah apa yang diungkapkan disana -

source:
http://www.romelteamedia.com/2014/06/cara-membuat-judul-berita-headline.html







http://blogedek.blogspot.com/2012/09/tips-cara-membuat-judul-menarik.html


Kalo versi saya adalah: karena hal ini saya menjadi lebih yakin lagi bila, JUDUL adalah apa yang dilihat pertama kali oleh para pembaca untuk menarik perhatiannya dan berkeinginan untuk lebih lanjut membaca isi artikel yang bersangkutan. Itu adalah prinsipnya, terjemahannya adalah bisa berbagai macam cara seperti 2 tips yang ada di artikel ini dari blog lainnya.

tapi kalo judulnya selalu menyerempet ke hal-hal yang agak "miring" akan cepat menarik perhatian kita kali ya...?


Bener ndak nich kesimpulannya ya? akh, terserah pembaca aja, sekarang saya mau browsing lage aja lah. :)




0 komentar:

Post a Comment